Kamis, 19 Januari 2012

The History of Brata Institute


Berawal Kos Putri

Awal 2008, saat anak2 pada kuliah di surabaya ditunjang  lokasi rumah  Jl. Dahlia 18 Pare relatif strategis, keinginan  buka kos  tak terbendung.  Maunya sih .. bukan sekedar kos  ya .. yang relatif bersih, tenang dan nyaman untuk belajar disamping ikut memelihara  kultur  kampung  yang sarat akan nilai2.
Juli 2007 si Ragil mulai kuliah di FKG Hang Tuah Surabaya, kakaknya  duluan di Farmasi UNAIR yang sedang ambil  frofesi.  Awal  2009  tepatnya 9 April 2009  adalah hari pertama  terima anak kos. Ketika itu ada.. lah .. yang ingin ngontrak tahunan banyak  pula yang ngajak kerjasama. Kalau dikontrak kasihan sama rumah yang butuh perhatian akan perawatan dan pemeliharaan  sedang bila kerjasama akan terjadi 2 komando yang berakibat kurang bagus dikemudian hari dan akhirnya tetap pada pendirian : melola sendiri untuk mewujudkan niatan awal. 


Kenapa Brata ?  almarhum orang tua  adalah Soebroto ( baca: jawa ) atau Subrata ( baca: Indonesia ) untuk mengenang jasa beliau yang telah membesarkan dan mendidik kami.
Kapasitas hunian kamar di Brata House,  tergantung luasnya . Ada yang   1 orang, 2 orang, 3 orang, 4 orang, 6 orang, masing2 dilengkapi almari   yang hanya cukup untuk nyimpan pakaian, buku, laptop atau bawaan lainnya asal tidak berlebihan . Desain kamar tidur ya.. kasur beralaskan karpet biar lapang, kipas angin kecil, cermin, lampu belajar lampu tidur menghiasi  masing2 kamar.


Brata House, dirancang  untuk yang benar2 mau " belajar " saja, aturan 2 dibuat dalam batas normatif. Seperti Jam malam pk. 21.00 karena diatas jam 20.00  pada umumnya di semua course sudah tidak ada program  ,  bagi yang tidak  ambil program di area kampung  tidak diperbolehkan kos, menerima tamu sewajarnya dan sesuai batas tamu dan seterusnya, semuanya  dalam  rangka penciptaan suasana belajar yang kondusif, ikut  memelihara nilai2 kampung dan agar tidak  lupa tujuan semula jauh2  datang ke Pare.


Kemudian Camp Reguler dan Holiday
   Rasanya ada sesuatu yang kurang ketika hanya melola kos, ada yang belum lengkap.  Kos hanya dibatasi ruang , tempat,  sedang bahasanya belum tersentuh, padahal diluar terkenal dengan predikat  Kampung Inggris, paduan antara kampung dan Bahasa Inggris.   9 Pebruari  2011 English Girl Camp REGULER di Brata Institute mulai buka , jaraknya tidak jauh dari Brata House sekitar 40 m. English area 24 jam dengan , review vocabulary dan Grammar 05.00-06.00  pagi , Speaking dan Listening 18.00-19.00 malam. Tidak menutup kemungkinan dibuka  program non reguler yaitu  bagi anak2 tingkat SD/SMP/SMA hingga Perguruan Tinggi yang  ingin  menikmati liburan sambil belajar bhs inggris barang 1 minggu/2 minggu di Pare.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar